28 January 2016

Review Mini RC drift QD

Halo! Ini adalah post pertama ane, dimana disini ane mau bahas tentang berbagai macam kit rc drift yang ada di toko mainan kesayangan anda atau ada di internet atau dimanapun lah. kit kit dibawah ini adalah kit yang dari awal dilahirkan dari pabrik bersistem QD dan pastinya bisa saja di buat Propo dengan sedikit penyesuaian. berikut adalah daftar kit nya

1. Takara Tomy Drift Packge Light (TTDPL)
Designed by Yokomo (yang notabene pionir RC Drifting!) detail top-class dengan banyak pilihan body mobil-mobil sport dan balap drifting dari produsen Jepang, mirip banget ama mobil aslinya, begitu pula dengan rimsnya yang memiliki tipe beragam sesuai dengan bodynya. dengan board sistem AM 3-channel yang tahan dibawah radius remote AM propo sekalipun, memungkinkan 3 drifter untuk tandem sekaligus (channel ABC nya anti PHP!), konstruksi gear precise sehingga transmisi tenaga tersalur sempurna. Dan tentunya chassis yang sangat presisi jadi ngak ada tuh kasus camber depan kiri dan kanan yang ngak pas, atau chassis yang bengkok.
SAYANGNYA, banyak pengguna yang mengeluhkan boardnya punya "usia", dalam jangka waktu tertentu setelah beberapa kali penggunaan bisa tiba-tiba glitch dan pada akhirnya disfungsional selamanya. kayaknya ini juga yang jadi alasan produk TTDPL dengan sangat disayangkan akhirnya discontinue alias SUDAH TIDAK PRODUKSI LAGI.

2. NS Drift
Tiruannya TTDPL Konstruksi menyerupai TTDPL baik dari penggunaan power sourcenya (sama2 pake batre AAA x 3), ukuran parts dan girnya bahkan sampai remotenya -_- hanya berbeda di frekuensi board yang hanya satu frekuensi, tapi NSDrift tersedia dalam 3 pilihan frekuensi (27mhz, 40mhz, 49mhz). Keunggulannya boardnya responsif dan bertenaga. Kelebihan lainnya adalah remote bawaan yang sudah model gun. Kelemahannya remote yang berukuran kecil sehingga bagi pemilik tangan yang besar akan sedikit kesulitan disini, material chasisnya agak rapuh, dan ban drift yang getas terutama untuk penggunaan berlebih atau setelah upgrade motor. Rims juga rapuh (pengalaman pribadi pas masukin rim ke as belakang pas masukin kan agak seret, lalu rim ditaruh dibawah dan diketok pake as nya dari atas, baru 2x ketok langsung patah, kalo pelk lain ngak patah - patah). 
3. Feilun (also known as "Kids Corner - Mobil Super Drift)
Satu lagi Mini drift yang basis konstruksinya masih menyerupai TTDPL tapi dengan banyak modifikasi, tidak mentah-mentah seperti NS. Bisa dilihat dari penggunaan power source batre AA yang tentunya berpengaruh pada bobot. Sayangnya dalam paket FeiLun remote yang digunakan adalah tipe tombol a.k.a "martabak", yang jujur aja sih sebenernya kurang cocok dan mendukung untuk feel drifting. Feilun ada 2 tipe utama yaitu tipe "normal" generasi 1 dan 2 yang dilengkapi bodyshell mobil-mobil sport dan remote tombol mirip setir balap, dan tipe "lighting" alias "alien" yang dilengkapi bodyshell mobil-mobil konsep (yang bentuknya rada-rada random) dan remote tombol mirip joy stick. Bicara soal elektronik, tipe "normal" punya selektor ABC mirip TTDPL dan menurut sebagian orang ABC ini beneran loh!
Tipe Lighting memiliki fixed frekuency dan dilengkapi port option untuk mengaktifkan frame lampu bawaannya (frame lampu ini bisa dilepas dari chassisnya). Pilihan frekuensinya cukup banyak seperti NS Drift jadi tinggal cari freq berbeda untuk tandem bareng.
4. Drift Legend
Masih mereferensi dari TTDPL, Drift Legend tampil beda dengan skala 1:24 yang sebenernya sih cuman kayak kit Feilun dipanjangin -_- Kenapa? soalnya DL menggunakan power source batre AA tapi asyiknya RC ini menggunakan remote gun (yang designnya miripan dengan NS dan TTDPL hehe)............cuman dimensi chassisnya lebih panjang dibanding FeiLun. Tenaga cukup mantap, sayangnya ukuran yang agak gede dan chassis panjang itu bikin keder untuk short-drift, tapi untuk long drifting sih nyaman. Pilihan body ada 2 saja dengan varian warna cukup banyak, yaitu Nissan R35 GT-R dan Shelby Cobra. Detil body, okelah gak terkesan cemen sama sekali, makanya banyak yang kebelet beli RC ini cuma buat dapetin sang GT500. Design ban driftnya cukup unik karena berbentuk cembung, mirip ban drift RC 1/10, dan ini meminimalisir traksi ke course, yang tentunya mendukung untuk drifting
5. Auldey Drift Series
Geliat mini RC drift akhirnya merambah juga ke Auldey yang kita semua tahu produsen dari negeri tirai bambu ini lumayan punya nama di kancah "boy's toys" sebut saja produknya dari Mini4WD KW super dan macem2 mainan lainnya (yoyo kualitas kompetisi dan gasing pun ada lho!) dan last but not least RC dengan branding "RACE-TIN". Tergolong baru dibanding semua mini rc drift lainnya, Auldey menggebrak cukup berani dengan skala 1:24 yang sebenernya "gak lumrah" walau masih tergolong Mini RC, dengan design chassis yang lain sendiri dibanding mini RC drift lain yang pakemnya dari TTDPL (mungkin maksudnya supaya be original) dan yang paling menonjol adalah  line-up model referensi dari Initial D movie yang dibintangi Jay Chou (AE86 Akina SpeedStars ver. + Evo III & Evo IV Team Emperor). Tenaga cukup mantap untuk drifting, cuman yang paling terasa adalah radius belok yang kurang wah sehingga beberapa orang merasa DS kurang agresif walaupun semburan powernya sudah didukung BRUSH CARBON, dan dalam beberapa kasus bila ban cukup mendapatkan traksi maka power belok DS akan pelan dengan sendirinya (kayaknya ini faktor elektronik). Solusinya antara lain beberapa modifikasi seperti mod steerlock, mod ratio transmisi (CS mod), dan yang paling simple adalah menjaga kebersihan ban. Detail body lumayan kece walau gak seheboh TTDPL. Power Source yang dipake adalah AA 4pcs untuk mobil dengan posisi imbang 2 kanan dan 2 kiri
6. Maisto Monster Drift
Bisa dibilang konstruksinya mirip NS tapi dengan 4 baterai AAA dan kualitas material yang lebih bagus, detil discbrake di keempat roda (kalipernya gak gerak lho! lebih realistis) plus ban drift tapak lebar. Karakter handling yang didapat cukup unik, karena standard bawaannya dengan power yang cukup besar dan tapak lebar membuat karakter mobil sedikit liar bagi yang belum terbiasa, namun kalau sudah menguasainya dijamin ketagihan bikin manuver "genit di tikungan", bahkan pake teknik countersteering pun terbilang nyaman. Satu lagi, bentuk remotenya yang walaupun QD sudah didesign pas, trigger yang tak terlalu dalam tapi radius kontrol setir diperlebar, cocok untuk QD Drifting dimana perlu teknik tapping tapi orang seringkali cenderung nafsu untuk muter stir kenceng2. Yang kurang greget dari Maisto Monster Drift adalah bodynya yang non-licensed, walaupun buatannya halus dan rapi tapi tidak berdasarkan mobil-mobil real (walaupun terlihat menyerupai Silvia, RX7, dan AE86) , tapi tokoh mini drifter kreatif pastinya gak pernah galau urusan pilihan body
7.True Drift 
basically mirip Drift Legend dari segi skala, dimensi kit, dan bentuk ban, lineup body cukup menggiurkan ada Toyota Supra, Mitsubishi Eclipse dan GT-R dan detailnya cakep a la Street Racing. Remote didesain orisinil namu hampir mirip-mirip remote Auldey Licensed dengan per pelatuk dan steering yang sayangnya cenderung terlalu keras == Dilengkapi juga dengan headlight yang bisa menyala saat mobil digas dan lampu kelap-kelip. Yang unik dari RC drift ini adalah tidak terdapat FOW sama sekali, namun saat testing ternyata performa driftnya menyerupai mobil yang sudah mengalami CS mod, dan ditambah posisi rear spoiler yang bisa dibilang adjustable lantaran baut penahannya ditambahkan per dari dalem (klo mo ditinggikan tinggal ganjal dengan semacam clip dari pangkal tiangnya)
8. Sanzuan Strong Wind 
Mini QD drift yang ngaku 1:24 punya power mantap, remote unik yang miripan dengan remote standard Mini Z 2.4ghz Kyosho Perfex KT18, pelek gede dan tapak ban lebar, cuman bodynya rada gimana gitu terbuat dari kaleng dan detilnya a la kadarnya, tapi untungnya dilengkapi lampu-lampu meriah yang aktif menyala liar di roda-rodanya. Power cukup mengagumkan tapi harus hati-hati dengan konstruksi gir yang kurang presisi dan FOW yang rawan KO

Nah sekarang sudah tau kan apa bedanya tiap kit? Saran dari ane si kalo bisa kalian cobain tiap kit yang ada, karena settingan rc tiap 'tangan' itu berbeda-beda. Ane sendiri si pake kit NS Drift dengan board implan dari Feilun Lighting aka 'alien' dan remote dari auldey, karena karakternya cocok di tangan ane hehee.

At last but not least, keep drifting and jangan lupa ikut DM biar bisa sharing satu sama lain dan belajar bersama.

Salam hangat


Ryandi W

Copyright: Afada Rioo, Ari Prabowo, dan Rhadok Arasta
https://www.facebook.com/notes/rc-mini-drift-hobby/review-mengenai-mini-drift/504822976279374

dan tentunya dengan sedikit penyempurnaan yang dilakukan ane sendiri berdasarkan pengalaman pribadi dan berguru pada master-master Mini RC.

1 comment:

  1. Mantap, infonya gan !!
    Kalau boleh tanya, rata2 harga dari semua itu berapa yah?

    ReplyDelete