28 June 2015

Cara hitung besar CS pada RC

Haaaii! Kesempatan kali ini saya mau bahas mengenai cara menghitung countersteer di mini rc kalian. kalian semua udah tau kan apa itu CS dan lain-lainnya? nah berikut adalah rumus menghitung CS di rc drift kalian! ^^


CS (Counter steer) adalah suatu perbandingan antara 1 putaran roda depan dan roda belakangnya sesuai besaran CS nya. Contoh kalian punya mobil dengan besar CS 2. Itu berarti saat roda depan kalian berputar 1x roda belakang kalian berputar 2x.

Pada mini rc, secara umum menghitung CS dengan cara jumlah gigi FOW dibagi gear shaft depan, lalu hasilnya dibagi dengan hasil bagi antara gear as belakang dan gear shaft belakang. Jika kalian menggunakan kit NS atau Feilun, jumlah FOW kalian adalah 32 dan jumlah gear shaft depan kalian adalah 9, untuk kit lain, saya kurang tau hehee.

Jika kalian terlalu malas untuk menghitung sendiri, disini saya menyediakan tabel untuk menghitung CS mobil kalian, tinggal masukan angkanya dan TADA! keluarlah besaran CS mobil kalian.

Ini FOW


Ini gear shaft (gear shaft depan yang disebelah kiri, dan gear shaft belakang yang disebelah kanan)


Ini gear as belakang


FOW  Pengguna NS atau Feilun yang FOW masi ori berarti FOW kalian 32
Gear Shaft Depan  Kalo NS atau Feilun kalian belum diganti gearnya berarti ini 9
Gear Shaft Belakang
Gear As Belakang
Jadi CS mobil kalian adalah


Oh iya! terkadang hasil yang keluar adalah hasil dengan angka yang banyak, jadi bagi kalian yang mendapat angka dibelakang koma banyak, kalian bisa membulatkannya sendiri ya hehee. Contoh CS yang keluar adalah 2,48888888888..... artinya kalian harus bisa membulatkannya, kalo sesuai contoh berarti CS mobil kalian 2,49 (dibulatkannya sampe 2 angka dibelakang koma aja ya)

Bagi kalian pengguna hp android bisa juga pakai apliaksi dibawah ini yang dibuat oleh salah satu pemain mini rc bernama om Wisnu Priambodo, bernama CS Calculator. Berikut adalah screenshot dari aplikasi tersebut.



Untuk pemasangan aplikasi tersebut bisa dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini:
   1. Download aplikasi ini dan masukan filenya ke dalam hp anda (jika menggunakan komputer) dan jangan lupa tempat masbro masukin filenya. kalo masbro download langsung, biasanya hasil downloadnya masuk ke internal memory, folder download.
   2. Setelah ketemu file nya di hp masbro langsung aja dibuka. Kalo hp kalian belum pernah memasang aplikasi dari luar play store pasti akan nongol peringatan yang intinya kalo hp kalian masih ngeblock pemasangan aplikasi di luar download dari play store. Pasti nongolnya begini 

 Maap karena ini bahasa jerman :v bagian judulnya artinya 'penginstalan diblockir' 
arti button itu bagian kiri 'batal' bagian kanan 'pengaturan'.

 cari bagian itu gan kalo dihape saya, 'unbekannte quellen' artinya 'instal dari sumber yang tidak diketahui'. jadi itu yang di ketuk.

 Nongol peringatan lagi bro, tinggal di 'ok' in aja

 setelah itu buka lagi filenya dan akan langsung nongol seperti ini

Setelah muncul seperti ini (artinya aplikasi dipasang) kalo situ mau langsung buka ketuk 'open / buka / Oeffnen (kalo di hape saya)' kalo mau keluar ya tinggal ketuk 'OK'

File CS Calculator.apk bisa di Download disini <---- ini link nya gan (y)

sekian dulu untuk cara menghitung besar CS di mini rc, jika ada pertanyaan bisa langsung PM saya di FB, akun FB saya bernama 'Klaudius Ryandi Widjaja'. terima kasih telah membaca artikel saya. ^^
Salam hangat



Ryandi W

1 comment: