26 June 2015

Tutorial / Cara membuat rem belakang pada Mini RC QD

Haaiii, jumpa lagi. sekarang saya mau memberi tips atau cara untuk membuat rem pada mini rc QD (quick drive). iya serius, ini buat mini rc QD. Sebenernya trick ini ane dapet dari om Edwin Maulana salah satu drifter dari kota lautan api. oke lanjut saja!

Buat kalian yang masi bingung dengan fungsi rem belakang ini itu bagaimana dan apa saja kelebihan dan kekurangannya, bisa baca penjelasan singkat dari saya pribadi di paragraf selanjutnya ^^ buat yang mau langsung liat tutorialnya bisa langsung lompat aja ke bawahnya lagi.

fungsi rem belakang secara garis besar sendiri adalah untuk memperlambat laju mobil saat memasuki tikungan, atau untuk koreksi angle. namun mengenai koreksi angle tergantung dari settingan mobil kalian lagi hehehee.

Kelebihan : 
 - Bisa membuat angle mobil lebih besar
 - Salah satu cara buat mobil kalian yang susah bentuk angle di awal entry tikungan
 - Mencegah peristiwa nabrak dengan leader saat tandem bersama

Kekurangan :
 - Fitur rem ini akan menggunakan tombol mundur di mobil. Jadi mobil ngak bisa mundur deh 
 - Terlalu sering menggunakan rem, motor akan lebih cepat panas dari biasanya. Jadi harus bikin lobang di bawah kit atau pasang heatsink untuk menstabilkan panas motor.

So, beginilah cara memasang rem pada kit rc QD
1. Siapkan dulu peralatannya gan hehee
          1. Solder
          2. Timah solder
          3. PCB yang akan dibuat rem

2. 
ini adalah rangkaian yang akan kalian liat pada saat melihat PCB kalian, Garis merah melambangkan kabel merah yang mana adalah bagian positif, dan garis hitam melambangkan kabel hitam yang adalah bagian negatif.

3. Selanjutnya kalian lepaskan kabel merah menggunakan solder dan sambungkan ke bagian input batterai seperti ini.

Timah solder berfungsi disini, tentunya timah yang ada di kabel negatif input batterai tidak lah cukup untuk 2 kabel, jadi akan lebih baik kalo ditambah sedikit timahnya agar menempel dengan sempurna.

4. pasang PCB ke kit kalian dan rem kalian siap digunakan ^^ gunakan selagi hangat 


Penjelasan singkat mengenai trick ini :
jika kalian menekan tuas untuk jalan di remote. PCB akan mengeluarkan arus listrik sesuai dengan warna kabel dan ketika kelian menekan tuas untuk mundur. PCB akan membalik arus listriknya. Jika pada rangkaian ini maka saat tuas mundur ditekan maka kabel hitam yang menuju motor utama akan menyalurkan arus positif dan kabel merah di motor utama juga akan tetap menyalurkan arus positif. Jadi motor akan sama-sama menerima arus positif dikedua sumbunya, yang mengakibatkan motor akan menahan angkur dalam motor untuk bergerak dan jadilah rem, jadi rem ini bisa juga disebut 'engine brake' jika di mobil sungguhan. Dan akibat dari roda depan yang menggunakan FOW jadi kedua roda depan akan tetap berjalan sedangkan kedua roda belakang akan sama-sama tertahan.

Bagaimana? Mudah kan? Jika kalian ada pertanyaan silahkan comment dibawah ^^

Salam hangat


Ryandi W

No comments:

Post a Comment